Kamis, 01 Juli 2010

Menata Lemari Cabinet

Kata "kabinet" lazimnya digunakan sebagai penamaan lemari, rak, dan sebagainya. Cabinets menurut jenisnya dibagi menjadi beberapa jenis, seperti : lemari kamar mandi, lemari dapur, lemari baju, dan sebagainya menurut fungsi kegunaan dan penempatannya.



Sedangkan dari bahan baku, kabinet dibagi menjadi beberapa jenis, antara lain : lemari besi , lemari kaca, lemari kayu, lemari plastik atau kabinet dengan bahan kombinasi.Seiring dengan perkembangannya lemari cabinet fungsinya menjadi semakin beragam, mendukung efisiensinya sebagai alat penyimpanan barang serta mendukung konsep tata ruang bangunan.

Lemari Cabinet merupakan bagian dari serangkaian bagian ruangan yang berfungsi untuk menyimpan benda dan kebutuhan dimana cabinet ditempatkan. Lemari cabinet akan berbeda fungsi ketika kita menempatkannya di ruang keluarga. dimana penggunaan biasanya untuk meletakkan televisi, perangkat sound system, majalah, dan benda lainnya. Fungsi lainnya adalah sebagai poin untuk menambah nilai estetika ruangan.

Dalam peranannya sebagai elemen interior, cabinets memiliki andil yang besar karena dapat dipergunakan sebagai pembatas space pada ruangan, sebagai elemen penutup dinding serta dapat memberikan nuansa yang berbeda.

Dalam menata lemari cabinet dibutuhkan pertimbangan :
  1.  Lemari cabinet tidak perlu ada pada setiap ruangan cukup di ruang tertentu yang memang memerlukan.
  2. Disesuaikan dengan konsep rumah, dimana ketika rumah mengadopsi gaya arsitektur klasik, dipergunakan cabinet dengan unsur dekorasi gaya klasik untuk keserasian. Demikian juga dengan rumah hunian gaya arsitektur modern, penggunaan lemari cabinet disesuaikan dengan konsep.
  3. Penempatan lemari cabinet disesuaikan dengan dimensi ruangan, dengan memperhatikan penyesuaian horizontal dan vertikal ruang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar