Rabu, 30 Juni 2010

Renovasi kamar tidur

Pada rumah hunian satu ruangan yang biasanya merupakan fokus utama dalam perencanaan adalah kamar tidur. Dikarenakan kamar tidur adalah ruang di mana kita beristirahat dan sering juga dipergunakan sebagai ruang untuk bekerja. Sebagai area pribadi bahkan beberapa orang menghabiskan sebagian besar waktunya di kamar.


Kebutuhan akan kenyamanan kamar tidur sebagai tempat untuk beristirahat telah menjadi bagian dari gaya hidup modern yang mencerminkan pribadi sang pemilik kamar dimana aspek estetika keindahan dan fungsi menjadi dasar pertimbangan perencanaan untuk mewujudkan konsep kamar tidur yang baik dan nyaman.
untuk referensi style dapat kita cari pada google .

Dalam memulai proses pelaksanaan renovasi kamar tidur diperlukan perancangan awal. Perancangan awal dilakukan untuk menentukan ragam hal yang nantinya berada pada kamar tidur untuk mendukung konsep yang akan kita terapkan.

Untuk desain kamar tidur yang nyaman dan sesuai dengan karakter pribadi anda, Ada beberapa hal yang harus diperhatikan :

1. Desain Gaya / style. Merupakan dasar dalam menerapkan ide dalam dekorasi, dengan menentukan konsep style seperti : minimalis, modern, pop-retro, neoklasik atau eklektik. Temukan konsep awal anda.
2. Tema warna. Pilihan warna ditentukan menurut selera atau warna favorit anda , dengan melakukan kreasi warna, perpaduan warna dasar dengan aksen warna monokromatik atau kontras akan memperkaya tekstur.
3. Lighting. Pencahayaan merupakan unsur yang penting untuk mendukung konsep awal. Biasanya untuk penghematan pemilik kamar tidur menggunakan pencahayaan tak langsung / alami (sinar matahari) dengan menggunakan glass blok pada dinding kamar atau dengan mendesain sebagian atap kamar dengan atap sunroof yang elegan , sedangkan pencahayaan buatan khusus dapat di terapkan dengan lampu kamar yang mewah.
4. Lantai. Setelah penetuan konsep. kita bisa memulai dengan menentukan jenis lantai. Untuk menciptakan suasana yang mendukung konsep, jenis lantai kayu (parket), ubin keramik atau granit kini telah tersedia berbagai pilihan tekstur, gaya dan warna.
5. Dinding. Dinding merupakan batasan ruang kamar tidur dengan ruang lain, penentuan desain dinding mendukung suasana yang nyaman. Kita dapat menggunakan wallpaper dengan pilihan warna, pola dan tekstur yang kaya.
6. Finishing mebel. Mebel kamar tidur juga terkait dengan tema dan suasana kamar anda. Jika Anda menyukai tampilan serat kayu, teknik lapisan semprotan HPL motif kayu melamik dapat kita gunakan. Untuk kesan lebih modern dan pop, cat duko pada mebel kayu akan menciptakan suasana yang beda.
7. Jenis aktivitas. Aktifitas kegiatan sehari-hari dapat anda terjemahkan ke dalam bentuk kegiatan yang akan dilakukan pada ruang kamar tidur. Dengan penyesuaian dimensi ruang kita dapat mengetahui kebutuhan mebel.
8. Ukuran furnitur. Dalam  menentukan furnitur kamar tidur, sangat disarankan untuk memperhatikan ukuran. Dengan penyesuaian proporsi furnitur dengan konsep kamar tidur akan menciptakan suasanan kamar tidur yang lapang dan nyaman.
9. Sirkulasi. Sirkulasi udara sangat penting untuk kesehatan kita, Menentukan bukaan sirkulasi masuk dan keluar diesuaikan dengan luas ruang kamar tidur untuk mendukung aktivitas dalam kamar tidur.
10. Socket dan penempatannya. Bukan hanya kenyamanan tapi keamanan sangat penting. Beberapa perabot dalam ruang kamar tidur dijalankan dengan tenaga listrik. Tempatkan benda bertenaga listrik berada pada jarak aman dimana tidak berdekaran dengan soket. ataupun, sistem rancangan kabel supply listrik sebaiknya tertata rapi pada jarak aman.
11. Benda dekoratif. Unsur keindahan akan tercipta dengan adanya benda dekoratif, sediakan tempat pada dinding atau di sudut ruang untuk menampilkan dekorasi ornamen yang bernilai seni dengan penataan yang baik dan pencahayaan akan mengangkat kehadirannya sebagai bagian dari point of attention.
12. Wallpaper indah. Dekorasi ornamen bukan lagi hanya sebatas karya seni dalam bingkai. Kita dapat memnentukan satu bagian pada dinding untuk menempatkan walpapaer yang indah untuk menciptakan kesan yang baru sebagai pembanding dengan bagian dinding lain dalam ruang kamar tidur.
13. Nontoxic material. Gunakan bahan yang tidak beracun. Dengan menggunakan cat berbasis air, selain lebih aman juga lebih ramah lingkungan dibandingkan produk berbasis pelarut lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar